SEKILAS INFO
: - Wednesday, 17-04-2024
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang di Website STAI Al-Kifayah Riau


Mukhlison, S.Si,
Guru Ahli Muda Bidang Studi Matematika MTsN 1 Pelalawan

Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang bergengsi yang diadakan untuk mendorong peserta dalam mengembangkan potensi intelektual dan kecakapan dalam bidang sains. Partisipasi dalam kompetisi ini dapat memberikan peluang berharga bagi peserta untuk mengasah kemampuan mereka, memperluas pengetahuan, dan membuktikan keunggulan dalam kompetisi

Menurut Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1864 Tahun 2023 Tentang Juknis Pelaksanaan KSM Tahun 2023, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. KSM mulai digelar pada tahun 2012. Sejak saat itu, KSM telah menjadi ajang positif dalam membangun budaya kompetisi. Mulai tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi:

  1. Soal-soal dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al-Qur’an;
  2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya bertujuan agar siswa tetap mengkaji keislaman dengan sains yang holistik;
  3. Soal keilmuan sains murni, ini dilaksanakan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di luar madrasah.

Kegiatan KSM tahun 2023 akan dimulai dari tingkat satuan pendidikan, dilanjutkan ke tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, hingga ke tingkat nasional, yang rencananya akan dipusatkan di Provinsi Sulawesi Tenggara. KSM tahun 2023 menggunakan dua bentuk soal, yaitu pilihan ganda dan esai singkat. Bahasa pengantar soalnya menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, atau Bahasa Inggris. Hal ini sebagai bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go International, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat.

Kegiatan ini juga berlangsung bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj dan dialog kebangsaan dengan mengundang Dr. Muhammad Habibi, M.Pd dan KH Abu Zaidan, LC, ME,Sy. Kegiatan ini mengajukan tema Pentingnya Syiar Islam demi merajut Ukhuwah islamiah untuk menggapai insan Rahmatan Lil alamin. Mahasiswa STAI Al-Kifayah Riau terlihat Antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Bidang yang dilombakan untuk tingkat MI/SD adalah Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Untuk tingkat MTs/SMP adalah Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Sedangkan untuk tingkat MA/SMA, bidang yang dilombakan meliputi Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi. Terintegrasi di sini dimaksudkan bahwa selain konten sains, juga dielaborasikan dengan konteks nilai nilai Islam seperti materi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fiqh, Akidah Akhlak, dan Qur’an Hadits.

Kompetisi Sains Madrasah adalah ajang yang mempertemukan siswa-siswa madrasah untuk menguji kemampuan mereka dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini tidak hanya merupakan kesempatan untuk berkompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan potensi diri dan meningkatkan pemahaman siswa dalam bidang sains. Jika Anda ingin sukses dalam mengikuti Kompetisi Sains Madrasah, berikut adalah beberapa kiat yang dapat membantu Anda:
1. Persiapkan diri dengan baik. Persiapan merupakan kunci utama untuk mencapai kesuksesan. Mulailah dengan memahami dan mempelajari materi-materi yang akan diujikan dalam kompetisi. Pastikan Anda menguasai konsep-konsep dasar dan memahami prinsip-prinsip yang terkait dengan setiap bidang sains yang diujikan, yang akan dielaborasikan dengan kontek nilai-nilai Islam. Mempelajari pola soal, jenis pertanyaan, dan ruang lingkup materi yang akan diuji akan memberikan Anda keunggulan dalam persiapan. Pastikan Anda memahami semua aspek penting dari mata pelajaran yang akan diujikan. Buat jadwal belajar yang teratur dan disiplin, alokasikan waktu untuk mempelajari materi secara mendalam.
2. Gunakan sumber belajar yang tepat. Manfaatkan sumber belajar yang berkualitas seperti buku teks, buku referensi, Al-Qur’an, dan sumber-sumber online yang dapat membantu Anda memperdalam pemahaman dalam bidang sains dan konteks nilai-nilai Islam. Jangan lupa untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kompetisi sains. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan guru atau teman sekelas yang memiliki pemahaman yang lebih baik dalam bidang tertentu.
3. Latihan soal secara intensif. Latihan soal merupakan langkah penting dalam persiapan kompetisi. Latihan adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan dalam kompetisi sains. Carilah kumpulan soal-soal latihan yang relevan dengan bidang-bidang sains yang akan diujikan. Gunakan soal-soal sebelumnya mulai dari tahun 2018 yang sudah terintegrasi. Lakukan latihan secara teratur untuk meningkatkan pemahaman dan meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.
4. Bergabung dengan kelompok studi. Bergabung dengan kelompok belajar atau menjalin kerjasama dengan teman sebaya yang juga berminat dalam kompetisi sains dapat memberikan manfaat yang besar. Diskusikan konsep-konsep yang sulit, tanyakan pertanyaan, dan saling membantu menjawab soal. Dalam kelompok belajar, Anda dapat saling memotivasi dan mengevaluasi kemajuan masing-masing anggota dan membantu satu sama lain dalam mempersiapkan diri untuk kompetisi.
5. Ikuti pelatihan dan bimbingan. Memanfaatkan pelatihan dan bimbingan yang disediakan oleh sekolah atau lembaga terkait merupakan hal yang sangat penting. Pelatihan dan bimbingan akan membantu Anda memahami tata cara menjawab soal, strategi mengerjakan, serta memberikan tips dan trik yang berguna dalam menghadapi kompetisi. Ketika sudah memahami semuanya, Anda tidak akan kehabisan waktu ketika mengerjakan soal.
6. Tingkatkan kemampuan pemecahan masalah. Kompetisi Sains Madrasah tidak hanya menguji pemahaman konsep, tetapi juga kemampuan pemecahan masalah. Latihlah diri Anda dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis situasi, dan mencari solusi yang tepat. Berlatihlah dengan melakukan berbagai eksperimen atau melakukan studi kasus yang relevan.
7. Jaga kesehatan fisik dan mental. Penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama persiapan dan kompetisi. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup, tidur yang baik, dan makan makanan bergizi. Jangan sampai grogi ketika mengerjakan soal. Tetapi jangan sampai melupakan waktu untuk bersantai dan melakukan aktivitas yang menyenangkan agar dapat mengurangi stres.
8. Tingkatkan kemampuan komunikasi. Selain pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi juga penting dalam mengikuti kompetisi. Bahasa pengantar soal yang digunakan tidak hanya Bahasa Indonesia, melainkan juga Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Latihlah kemampuan berbicara di depan umum, berargumentasi, dan menyampaikan ide dengan jelas dan terstruktur.
9. Tetap tenang dan percaya diri. Saat menghadapi kompetisi, tetap tenang dan percaya diri. Jangan biarkan kecemasan atau tekanan mempengaruhi performa Anda. Ingatlah bahwa Anda sudah melakukan persiapan dengan baik dan percayalah pada kemampuan diri sendiri.
10. Jadikan kompetisi sebagai pembelajaran. Terlepas dari hasil akhir kompetisi, jadikan pengalaman ini sebagai pembelajaran. Identifikasi kekuatan dan kelemahan Anda selama persiapan dan kompetisi. Gunakan pengalaman ini untuk terus berkembang dan memperbaiki diri dalam bidang sains.

Bidang yang dilombakan untuk tingkat MI/SD adalah Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Untuk tingkat MTs/SMP adalah Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Sedangkan untuk tingkat MA/SMA, bidang yang dilombakan meliputi Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi. Terintegrasi di sini dimaksudkan bahwa selain konten sains, juga dielaborasikan dengan konteks nilai nilai Islam seperti materi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fiqh, Akidah Akhlak, dan Qur’an Hadits.

Kompetisi Sains Madrasah adalah kesempatan yang berharga untuk menguji kemampuan dan meningkatkan pemahaman dalam bidang sains. Dengan persiapan yang matang, latihan yang intensif, dan sikap yang positif, Anda dapat meraih kesuksesan dalam kompetisi ini. Dengan komitmen, kerja keras, dan ketekunan, Anda dapat mencapai prestasi yang gemilang dalam Kompetisi Sains Madrasah Ingatlah bahwa tujuan utama dari kompetisi ini adalah untuk mengembangkan potensi diri dan mencintai ilmu pengetahuan. Selamat berkompetisi dan semoga sukses!.

TINGGALKAN KOMENTAR

Hubungi Kami

Hubungi Kami:

0822 8550 1981 (Ketua Yayasan)
0852 7155 3040 (Ketua STAI)
0852 7102 6267 (Bendahara)
0852 7868 4453 (Operator IT)


Kampus I : Jalan Uka Perumahan Mutiara Garuda Sakti Blok H. Kelurahan Air Putih, Tuah Madani, Kota Pekanbaru Kota Pekanbaru, Provinsi Riau - Indonesia.

Kampus II: Jl. Uka Gg. Iskandar Muda, Kelurahan Air Putih, Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau - Indonesia.

Google Map Kampus

Data Kampus

STAI AL-KIFAYAH RIAU

NSPTKI : 143147112036

Jl. Uka-Iskandar Muda Kelurahan Air Putih
KEC. Tuah Madani
KAB. Pekanbaru
PROV. Riau
KODE POS 28296
TELEPON 085271553040
FAX -
EMAIL staialkifayahriau@gmail.com
× How can I help you?
https://guyangan-purwodadi.purworejokab.go.id/toko/zeus-slot/ https://guyangan-purwodadi.purworejokab.go.id/toko/lgacor/ Slotmart http://dpmptsp.serangkab.go.id/toto-slot/ http://publikasi-ilmiah.unesa.ac.id/zeus-slot/ https://sampung.ponorogo.go.id/produk/zeus/