SEKILAS INFO
: - Wednesday, 17-04-2024
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang di Website STAI Al-Kifayah Riau
MENGHIASI JIWA DAN AKAL ANAK

Oleh: Herlina, S.Pd
Guru MTsN 1 Pelalawan

Makhluk Allah yang paling sempurna dalam penciptaannya adalah manusia. Allah telah memberikan potensi yang lengkap pada manusia berupa jasad dan jiwa. Jasad ibarat alat atau mesin bagi manusia dalam melakukan aktivitas dan jiwa adalah pengemudinya.

Jiwa menggerakkan manusia untuk melakukan aktivas dan keinginan. Karenanya berbagai hasil karya dan  kerja seseorang sangat bergantung pada kualitas jiwanya. Dasar yang paling utama dalam pembentukkan jiwa dan akal adalah orangtua. Oleh karena itu maka menjadi tanggung jawab orangtua untuk peduli pada pendidikan jiwa dan akal anak dengan batasan yang tepat dan jelas.

Rasulullah Saw bersabda “ Setiap anak yang baru dilahirkan itu lahir dengan membawa fitrah. Orangtuanya lah yang menjadikanya Yahudi, Majusi atau Nasrani. Anak bagaikan kertas putih yang bias diberikan warna apapun oleh orang tuanya. Jhon Lock mengatakan bahwa akal seorang anak seperti kertas putih yang siap tergores oleh beragam pengalaman dan proses pembelajaran.

Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling rentan dalam proses tumbuh kembang anak manusia. Pada masa ini seorang anak menyerap berbagai hal yang ada disekitarnya. Sebagai orangtua tugas utama yang harus dilakuakan terhadap anak adalah memenuhi kebutuhan jiwa dan akal anak dengan kasih sayang. Menurut Prof. DR. Zakiyah Darajat, kebutuhan akan kasih sayang  merupakan kebutuhan jiwa anak yang berada pada urutan pertama dari sejumlah kebutuhan jiwa yang lainnya.Kasih sayang berfungsi sebagai vitamin bagi jiwa yang sedang tumbuh dan berkembang.

Anak yang meyakini bahwa orangtua menyayangi dan mengasihinya dia akan merasa yakin bahwa diringnya spesial, istimewa, dan berarti. Sehingga dengannya anak memiliki konsep diri yang kuat dan kokoh. Kasih sayang orangtua dapat ditunjukkan dengan perhatian yang diberikan kepada anak dan keterlibatan orangtua bermain bersama anak.

Selanjutnya pola asuh orangtua yang dapat menguatkan jiwa dan akal anak dapat dilakukan melalui berbagai hal berikut:

  1. Berikan Kepercayaan Pada Anak

Kepercayaan diri anak akan tumbuh jika anak diberi kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru, melakukan sendiri tugas-tugasnya, dan berikan kebebasan yang bertanggung jawab. Muliakanlah anak, beri pujian dan penghargaan, serta dengarkan keinginannya.

  1. Menjadi Orangtua Teladan Bagi Jiwa dan Akal Anak

Jadilah teladan bagi anak. Sebagai orangtua jagalah ucapan, tidak mudah marah namun mudah memaafkan, jauhi sifat suka berbohong, tepati janji, bersikap positif, tenang, dan tegas.

  1. Berkomunikasi Dengan Jiwa Dan Akal Anak

Jadilah pendengar yang baik, dengarkan dengan sepenuh hati, jaga perasaan anak, berbicaralah dengan tenang dan tidak tegesa-gesa.

  1. Hiasi Jiwa Dan Akal Anak Dengan Akhlak Yang Mulia

Ajarkan akhlak mulia sejak dini dengan nasehat, melalui kisah dan cerita yang menarik,

  1. Berikan Ganjaran Dan Hukuman Yang Seimbang Bagi Jiwa Dan Akal Anak

Salah satu cara memberikan motivasi pada anak adalah dengan memberikan ganjaran atau hadiah. Perlu diingat bahwa hadiah tidak selalu harus berupa materi. Pelukan hangat, ciuman, dan ucapan terima kasih adalah hadiah bermakna yang diinginkan oleh anak. Sebaliknya berikan hukuman jika anak melakukan kesalahan berupa hukuman tanpa kekerasan namun dapt memberikan pelajaran pada anak.

  1. Memupuk Dan Menjaga Jiwa Dan Akal Anak

Setelah upaya-upaya menghiasi jiwa anak dilakukan oleh orangtua, maka hal penting yang harus dilakukan adalah memupuk, merawat, dan menjaga jiwa dan akal anak dengan mengajak anak mengisi waktu luang dengan hal-hal positif melalui kegiatan membaca, berolahraga, bermain bersama, dan bersosialisasi. Selanjutnya hal yang paling penting adalah menjaga jiwa dan akal anak dari bahaya media luar seperti televisi, internet, dan video game.

Segala cara harus dilakukan orangtua sehubungan dengan menghiasi, menjaga, dan melindungi jiwa dan akal anak dari pengaruh buruk dari luar. Diharapkan jiwa dan akal anak menjadi semakin sehat dan kokoh. Semoga setiap orangtua mampu menggenggam jiwa anak, mencetak anak berakhlak mulia, pembentuk generasi mulia.

Editor: Atikah Hermansyah, M.Pd

TINGGALKAN KOMENTAR

Hubungi Kami

Hubungi Kami:

0822 8550 1981 (Ketua Yayasan)
0852 7155 3040 (Ketua STAI)
0852 7102 6267 (Bendahara)
0852 7868 4453 (Operator IT)


Kampus I : Jalan Uka Perumahan Mutiara Garuda Sakti Blok H. Kelurahan Air Putih, Tuah Madani, Kota Pekanbaru Kota Pekanbaru, Provinsi Riau - Indonesia.

Kampus II: Jl. Uka Gg. Iskandar Muda, Kelurahan Air Putih, Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau - Indonesia.

Google Map Kampus

Data Kampus

STAI AL-KIFAYAH RIAU

NSPTKI : 143147112036

Jl. Uka-Iskandar Muda Kelurahan Air Putih
KEC. Tuah Madani
KAB. Pekanbaru
PROV. Riau
KODE POS 28296
TELEPON 085271553040
FAX -
EMAIL staialkifayahriau@gmail.com
× How can I help you?
https://guyangan-purwodadi.purworejokab.go.id/toko/zeus-slot/ https://guyangan-purwodadi.purworejokab.go.id/toko/lgacor/ Slotmart http://dpmptsp.serangkab.go.id/toto-slot/ http://publikasi-ilmiah.unesa.ac.id/zeus-slot/ https://sampung.ponorogo.go.id/produk/zeus/