SEKILAS INFO
: - Wednesday, 17-04-2024
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang di Website STAI Al-Kifayah Riau
PEMBELAJARAN DARING DAN KARAKTER  SISWA

Oleh : ABRIZAH. S.Ag
Guru  MTsN  1 Pelalawan  Riau

Di masa pandemi ini, pembelajaran  tetap dilaksanakan di sekolah, tidak dengan tatap muka, tetapi dengan cara daring dan luring. Kalau pembelajaran yang di lakukan secara online menggunakan aplikasi disebut daing, sebaliknya pembelajaran secara langsung tidak secara online di sebut luring. Namun pembelajaran ini ada segi positif dan ada seni negatifnya.Kalau di lihat dari segi positifnya adalah siswa belajar tidak tatap muka di sekolah tetapi belajar di rumah dengan menggunakan Hp atau leptop, hal ini hal ini adalah untuk menghindari dari COVID-19. Sedangkan segi negatifnya adalah siswa mempergunakan Hp atau laptop kebanyakan salah kegunaannya, ini merupakan masalah dalam pembelajaran.

Masalah adalah ketidaksesuain antara harapan dan kenyataan, menurut Prayitno (1985) mengemukakan bahwa masalah adalah sesuatu yang tidak di sukai, menimbulkan kesulitan bagi diri sendiri atau orang lain dan ingin atau perlu di hilangkan. Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang di alami oleh siswa dan menghambat kelancaran proses yang di lakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Kondisi tertentu dapat dikaitkan dengan keadaan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan dan dapat juga berhubungan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi dirinya. Cara belajar yang mengarah kepada yang negatif berpegaruh pada karakter siswa.

Menurut Prayitno karakter itu adalah sifat pribadi yang relatif stabil pada diri individu yang menjadi landasan bagi penampilan prilaku dalam standar nilai dan norma yang tinggi. Pada hakikatnya karakter itu diperlukan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan pribadi yang tidak baik.

Siswa merupakan kunci utama keberhasilan belajar, selama melakukan proses pembelajaran sikap siswa akan menentukan hasil dari pembelajaran yang akan mempengaruhi dalam belajar. Sikap yang salah akan membuat siswa tidak peduli dengan belajar, akibatnya tidak akan terjadi belajar yang kondusif. Dengan pembelajaran daring kebanyakan siswa mempergunakan  Hp nya bukan untuk belajar, tetapi untuk bermain game, tik tok, free fire, dan lainnya. Dengan demikian upaya yang di lakukan dalam pembelajaran daring tentu tidak akan berjalan dan menjadi sia-sia saja.

Dalam hal ini yang paling utama untuk mengatasinya adalah pengawasan dan nasehat orangtua juga ditambah dengan pantauan wali kelas, guru bidang studi atau pun bimbingan konseling. Mudah-mudahan pembelajaran daring dalam masa pandemi ini bisa berjalan lancar dan tercapai apa tujuan yang di inginkan.

Editor: Atikah Hermansyah, M.Pd

TINGGALKAN KOMENTAR

Hubungi Kami

Hubungi Kami:

0822 8550 1981 (Ketua Yayasan)
0852 7155 3040 (Ketua STAI)
0852 7102 6267 (Bendahara)
0852 7868 4453 (Operator IT)


Kampus I : Jalan Uka Perumahan Mutiara Garuda Sakti Blok H. Kelurahan Air Putih, Tuah Madani, Kota Pekanbaru Kota Pekanbaru, Provinsi Riau - Indonesia.

Kampus II: Jl. Uka Gg. Iskandar Muda, Kelurahan Air Putih, Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau - Indonesia.

Google Map Kampus

Data Kampus

STAI AL-KIFAYAH RIAU

NSPTKI : 143147112036

Jl. Uka-Iskandar Muda Kelurahan Air Putih
KEC. Tuah Madani
KAB. Pekanbaru
PROV. Riau
KODE POS 28296
TELEPON 085271553040
FAX -
EMAIL staialkifayahriau@gmail.com
× How can I help you?
https://guyangan-purwodadi.purworejokab.go.id/toko/zeus-slot/ https://guyangan-purwodadi.purworejokab.go.id/toko/lgacor/ Slotmart http://dpmptsp.serangkab.go.id/toto-slot/ http://publikasi-ilmiah.unesa.ac.id/zeus-slot/ https://sampung.ponorogo.go.id/produk/zeus/